Saturday, October 21, 2006

Berbagi Di Hari Yang Fitri...

Jumat, 20 Okt ’06 gua dan 29 orang teman-teman komunitas mengadakan aksi peduli sosial kedua untuk membagikan paket sembako berikut dengan angpao sebesar 50 rb. Persiapan meeting untuk acara ini gua ga bisa hadiri, dikarenakan gua ngajar pada meeting pertama dan ada acara komunitas pada meeting kedua. Namun, gua selalu mendapatkan update berita-berita rapat dari email. Hari minggu tanggal 15 kemaren kita packing-packing paket sembako disalah satu rumah panitia. Gua sempat nyasar mencari rumahnya, maklumlah daerah selatan yang amat sangat gua kunjungi. Berbekal peta dan no telp rumahnya, akhirnya gua menemukan lokasi rumahnya. Waktu itu gua ga bisa lama-lama untuk membantu packingnya, karena jam 3 sore gua ada acara dengan teman-teman Choice angkatan gua. Banyak sekali barang-barang yang kita masukkan dalam kantong plastik, diantaranya beras, gula, susu kaleng, minyak, perlengkapan mandi, makanan. Namun semuanya terkoordinasi dengan baik sehingga dengan mudah dan cepat bisa beres, walaupun saat gua pulang beberapa teman-teman masih bekerja.

Akhirnya hari H yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Gua berangkat dari rumah jam 7 mlm, karena kita ngumpul dulu di rumah teman gua untuk start berangkat jam 10 mlm. Asyik sekali pada saat kita ngumpul-ngumpul selain banyak wajah-wajah baru yang belum gua kenal. Bertambahlah list pertemanan gua kali ini. Hehehe… Setelah kita dibriefing oleh ketua panitia, setelah itu pembagian mobil untuk berangkat. Oh iya, sebelum berangkat kita semua estafet untuk memasukkan paket sembako kedalam 7 mobil. Seperti biasa, kita berdoa dulu sebelum berangkat untuk memohon penyertaan Tuhan dalam acara ini. Kita mutar-mutar kota Jakarta walaupun tidak semua daerah Jakarta kita kunjungi. Di mobil, kita berkomunikasi lewat HT kecil. Banyak crash-crash yang terjadi saat komunikasi. Maklumlah, nampaknya semua orang ingin mengatur. Hehehe… Kebetulan, gua duduk didepan sebagai navigator yang memegang HT dan handycam teman gua. Kita menyebut orang yang akan kita berikan paket sembako dengan istilah “klien”. Lucunya, kita melihat ada orang yang berpacaran, dan teman kami menginformasikan bahwa ada “klien” yang sedang berpacaran. Hehehe… Begitu pula kita melewati daerah “maksiat”, ada yang menginformasikan “ada ayam tuh”. Lucu banget deh, pas mendengarkan perbincangan-perbincangan lewat HT.

Dimobil yang gua tebengi berisikan 4 orang termasuk gua. 2 orang yang duduk dibelakang bertugas membagikan sembako lewat jendela atau turun dari mobil jikalau orang tersebut tidak dapat kita jangkau. Serunya, ada teman gua yang lari-larian untuk membagikan sembako dan gua senang banget ketika mereka menerimanya dengan wajah yang ceria dan berterima kasih kepada kita. Dan ada yang lebih seru lagi ketika kita membagikan sembako kepada orang yang lagi tidur dipinggir jalan. Orang tersebut sempat kaget dan akhirnya sadar bahwa kita memberikan sesuatu kepadanya. Suatu pengalaman yang unik dan tak terlupakan bagi gua. Dimana gua bisa melihat sisi kehidupan Jakarta yang sama sekali ga pernah gua liat. Kita selalu menghindari membagikan sembako jikalau tempat itu ramai, takutnya terjadi penjarahan kepada mobil kita. Memang sempat hampir terjadi, ketika salah satu mobil sedang membagikan sembako dan terlihat oleh orang-orang disekitar. Mereka berlarian menuju mobil tersebut, namun teman gua langsung membunyikan klakson sebagai tanda untuk jalan terus.

Sungguh gua bersyukur kepadaNYA telah diberikan kesempatan untuk berbagi kasih dan cinta kepada orang lain lewat aksi peduli sosial kemaren. Walaupun sampe rumah jam 4 pagi, tapi rasanya benar-benar bahagia.

No comments: